(c) Lab Komputer. Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 14 Desember 2010

PENGERTIAN SOFTWARE

PENGERTIANSOFTWARE

Perangkat Lunak (software) dan Perangkat Keras (Hardware) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam sebuah komputer. PENGERTIAN SOFTWARE secara umum dapat diartikan sebagai sekumpulan data-data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer yang berupa pogram atau instruksi untuk menjalankan dan mengeksekusi suatu perintah.

Software merupakan perangkat yang ada di dalam komputer yang tidak dapat kita sentuh dan tidak pula dapat kita lihat bentuk fisiknya. Namun, software ini dapat kita operasikan saat kita menggunakan komputer atau media elektronik lainnya.

Software berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dibagi menjadi 3 menurut jenisnya, yaitu:

  1. Program aplikasi (contohnya, Microsoft Office)
  2. Sistem Operasi (contohnya, Microsoft Windows)
  3. Bahasa Pemrograman (yakni Bahasa pemrograman Pascal dan Rakitan)

Jika dilihat dari pendistribusiannya, software sendiri dibagi menjadi beberapa macam, yaitu:

1. Software berbayar.

Software berbayar merupakan software yang dibuat untuk tujuan komersil, maksudnya, jika kita ingin menggunakannya, maka kita harus membayar sejumlah uang. Contoh dari software berbayar, yaitu: Microsoft Windows, Microsoft Office, ADOBE POTOSHOP dan lain-lain.

2. Open Source Software

Open Source software ini lahir dari kebebasan berkarya. Pada program ini sebuah komunitas mendapat kebebasan untuk belajar, merevisi ulang, mengutak-atik dan tentunya dengan tanggung jawab atas apa yang dilakukan.

3. Free Software

Merupakan software yang memberikan kebebasan untuk menjalankan program, menyebarluaskan agar dapat dinikmati oleh khalayak umum, mempelajari agar program dapat bekerja sesuai dengan kebutuhan, mengubah dan meningkatkan kinerja perangkat lunak.

4. Shareware.

Ada beberapa kemungkinan dalam pendistribusian Shareware ini. Shareware umumnya merupakan program yang didistribusikan dengan batas tertentu, bila ingin mendapatkan fitur-fitur lebih, maka kita harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayarnya.

Atau bisa juga digunakan untuk evaluasi terhadap suatu produk untuk menambahkan fitir-fitur tertentu yang lebih baik lagi. Shareware bisa juga sebagi bahan uji coba ketika kita ingin membeli suatu software, jika kita merasa cocok maka kita tidak akan ragu lagi membelinya.

5. Freeware.

Merupakan software yang mempunyai hak cipta yang gratis digunakan tanpa batas waktu. Atau dalam definisi lain disebutkan bahwa Freeware merupakan program yang didistribusikan gratis tanpa biaya tambahan.

Pertanyaannya, software manakah yang biasa Anda pilih untuk digunakan dalam komputer rumah Anda? Software manapun pilihan Anda, semuanya memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai program dalam komputer Anda. Tanpa software ini keberadaan komputer Anda tidaklah bermanfaat.

PENGERTIAN SOFTWARE

Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi bisa di operasikan.

Pengertian software computer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah

Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) .

Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.

Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).

Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.

Perbedaan yang nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata free dalam bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena itu, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas, sama seperti Freeware tidak harus gratis.

Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati maksimum, program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda ingin tetap menggunakannya.

Kita juga dapat menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya, namun termasuk dalam program periklanan, distribusi jenis ini disebut Adware. Sebuah contoh yang jelas adalah program Messenger dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan perangkat lunak bebas dalam pertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner atau pop-up.

Jenis-jenis Software Pengolah Kata

Posted on Juli 13, 2009 by suryana77

Jenis-jenis program pengolah kata sangat banyak, beberapa diantaranya yaitu :
* AbiWord
* KWord
* Microsoft Works Word Processor
* StarOffice Writer
* WordPerfect
* WordPad
* Chiwriter
* WordStar

AbiWord
AbiWord adalah perangkat lunak bebas pengolah kata (‘word-prosesor’) yang mirip dengan Microsoft Word. Ia sangat cocok digunakan untuk melakukan tugas-tugas pemrosesan kata. Program yang diklaim ringan ini pertama kali dikembangkan oleh Abisource.inc sebelum kemudian diintegrasikan kedalam GNOME Office. Ia mampu membaca format dokumen .doc, .sxw, dan beragam format dokumen umum lainnya.

KWord
KWord adalah aplikasi pengolah kata, bagian dari proyek KOffice dari lingkungan desktop KDE.
Meski ada kemiripan nama, KWord bukanlah semata-mata jiplakan dari Microsoft Word. Walaupun diharapkan fitur-fitur utama Word akan didukung oleh KWord, dalam beberapa hal penting terdapat perbedaan antara keduanya. Skema tata letak teks pada KWord mengikuti konsep frame, seperti halnya Adobe PageMaker. Frame dapat diletakkan di mana saja dalam sebuah halaman, dan mencakup teks, grafik, dan objek. Setiap halaman baru pada dasarnya adalah sebuah frame, teks dapat mengalir dalam frame ini karena kemampuan KWord untuk mengaitkan satu frame dengan yang lain. Pemanfaatan frame memungkinan kemudahan penataan teks dan grafik yang rumit sekalipun.

OpenOffice
OpenOffice.org Writer adalah salah satu komponen dalam OpenOffice.org yang berfungsi untuk mengedit dokumen adapun dokumen format yang bisa digunakan adalah .doc .odt .rtf dan bisa export ke .pdf
Memiliki fitur pengolah kata modern seperti AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles and Formatting, Text Frames dan Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations, Tables.
Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar dan judul heading.

Microsoft Word
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2007

WordStar
WordStar adalah sebuah aplikasi pengolah kata, dipublikasikan oleh MicroPro International, pertama kali dibuat untuk sistem operasi CP/M dan kemudian di tulis ulang untuk platform DOS, sempat mendominasi pasar pada era 1980an. Meskipun Seymour I. Rubinstein adalah pemilik perusahaan, Rob Barnaby merupakan pencipta versi-versi awal dari program; dimulai sejak WordStar 4.0, program dibuat berdasarkan kode yang ditulis oleh Peter Mierau.

macam-macam software pengolah kata | ms word

Program pengolah kata sesungguhnya banyak, meskipun yang sering familiar kita gunakan adalah ms word (2003,2007, maupun 2010). Macam-macam pengolah kata yang lain seperti : Wordpad,Notepad,Latex dan Open Office Writer dll (versilengkapnya disini). Dalam materi iniakan dijelaskan panjang lebar tentang ms word 2003 yang memang massih banyak digunakan meskipun sudah keluar versi terbarunya.

Microsoft Word adalah aplikasi program pengolah kata yang dikeluarkan oleh Perusahaan Microsoft yang mempunyai beberapa fungsi antara lain :

  1. Membuat Surat menyurat
  2. Membuat Karya Tulis, Skripsi dan lain-lain
  3. Membuat tabel dengan perhitungan atau tanpa perhitungan
  4. Membuat grafik
  5. Membuat tulisan menarik dengan mengunakan gambar

Keunggulan dari Microsoft Word adalah :

  1. Mudah dalam pengoperasian
  2. Mudah memanajemen file dan fasilitas autorecovery bila terjadi padam listrik
  3. Kualitas baik dan bagus dalam pencetakkan
  4. WYSIWYG ( What You See Is What You Get ), yaitu apa yang dilihat di monitor akan sama dengan hasil cetakan
  5. Dapat melakukan pengiriman e-mail dan fax langsung terhubung dengan internet
  6. Mampu menyisipkan gambar dan grafik ataupun objek lainnya yang membuat naskah terlihat lebih menarik
  7. Kemampuan menyimpan file dalam bentuk web

Fungsi Software


Untuk membuat, mengubah ukuran dan menggabungkan partisi pada harddisk tanpa merusak data.
Partition Magic mengatur dan membantu melindungi data Anda, menjalankan beberapa sistem operasi, sistem mengkonversi file jenis tabel partisi dan memperbaiki kesalahan.

2 Norton GoBack (Dahulu dikenal sebagai WildFile GoBack, Adaptec GoBack, dan Roxio GoBack)
Berbasis Microsoft Windows disk utilitas yang dapat merekam hingga 8Gb perubahan disk. Bila file system idle selama beberapa detik, itu menandai ini sebagai "titik aman". Memungkinkan produk disk drive untuk kembali ke titik manapun dalam riwayat yang tersedia. Hal ini juga memungkinkan versi file yang akan dipulihkan, dan versi sebelumnya dari seluruh disk untuk dapat melihat-lihat. Tergantung pada aktivitas disk, riwayat yang khas mungkin mencakup beberapa jam sampai beberapa hari.

Keuntungan menggunakan Norton Goback
Mampu mengatasi instal program yang membutuhkan restart
Sistem tidak akan direstore selama cache belum penuh
Optimal Report Generator is a powerful, cross-platform, multi-datasource Java design application.

Pc Anywhere
Sepasang program komputer oleh Symantec yang memungkinkan pengguna pcAnywhere program remote komputer untuk melakukan koneksi ke komputer pribadi menjalankan pcAnywhere host jika keduanya terhubung ke internet atau LAN yang sama dan password diketahui. pcAnywhere berjalan pada beberapa platform, termasuk Microsoft Windows, Linux, Mac OS X, dan Pocket PC.
Remote yang mengatur/mengunakan manfaat dari computer host. Seluruh pekerjaan yang dilakukan pada computer host seperti menjalankan program dapat dilakukan oleh fungsi remote. Serta fungsi sebaliknya tidak dapat dilakukan oleh computer di host pada saat tertentu.

Fungsi tambahan pada sesi remote dan host :
Scaling pada layar remote untuk menampilkan data dari host
Melakukan lock pada keyboard
Membuat chat antara computer remote dan host
Melakukan rekaman dengan meng-capture gambar layar di Host computer.
Mengaktifkan multiple koneksi ke Host via Network windows , modem dan Direct cable.
Ilustrasi dari penjelasan tentang remote dan host :

Flash Disk Lock
Aplikasi untuk Scan File Asing atau Virus yang bersembunyi didalam Root Direktori Flash Disk. Extensi File yang menyembunyikan data yg ada didalam Flash Disk dan sekaligus mengunci akses ke dalam Flash Disk. Untuk dapat di akses ke Flash Disk diperlukan password.
Flash Disk Lock berfungsi juga menghindari virus yang memanfaatkan fungsi autorun dan juga sebagai pencegahan dini terhadap virus karena disediakan fungsi dideteksi adalah EXE, VBS, SCR, INF, INI, HTT, BAT, COM, PIF
Kegunaan aplikasi Flash Disk Lock,
untuk menjaga Data anda dari orang yang tidak berhak, juga untuk pencegahan dini terhadap Virus. Namun demikian saya tidak menjamin 100% aman…karena perkembangan virus terus berubah dan aplikasi pencuri data mungkin akan terus dikembangkan.
SoftPerfect File Recovery (restore deleted files from NTFS and FAT drives)
Software gratis (tool) yang dapat mengembalikan (recover) file yang telah terhapus dari harddisk & floppydisk, USB flashdrive, kartu CF & SD, dan berbagai media penyimpanan lainnya; mendukung sistem file seperti FAT12, FAT16, FAT32, NTFS dan NTFS5 dengan kompresi dan enkripsi

Vmware
Software yang mampu menjalankan bermacam macam OS secara virtual. artinya kita mampu menjalankan sistem operasi lain di komputer yang ber OS windows misal ubuntu,mikrotik,fedora bahkan vista sekalipun bisa dijalankan dalam windows secara virtual dan menariknya OS yang di install software ini mampu bertindak sebagaimana aslinya baik dari segi hadware software jaringan dll..

Kualitas Software :
Kualitas virtual lebih baik kerena untuk semua OS yang diinstall sudah bisa membaca hardare virtual tanpa insatall driver sekalipun
Fasilitas Multitab yang mampu menjalankan 2 atau lebih OS secara bersamaan
Feature build for network sehingga os dalam virtual mampu terkoneksi secara virtual sehingga tidak perlu memakai kabel utp untuk koneksi
Kemampuan sharing internet jadi jika OS asli kita terkoneksi internet maka OS virtual pun bisa terhubung dengan internet
Fasilitas capture and snapshot ini bisa digunakan untuk membuat tutorial tutorial. misal tutorial saat intalasi OS linux secara video
Wizard installation untuk memandu para pengguna pemula mampu menginstall OS virtual

Alkohol 120%
Windows CD dan DVD burning software yang memudahkan membuat backup dari DVD dan CD *, program ini dapat digunakan untuk menyimpan CD Anda yang kebanyakan digunakan sebagai gambar pada komputer Anda, sehingga Anda dapat menghubungi mereka di klik tombol. Sekarang termasuk pra-Mastering fungsi dan dukungan untuk Blu-ray format.
Dengan Alcohol 120% burning software, Kita tidak perlu khawatir tentang CD atau DVD hilang, dicuri, atau rusak. dan seluruh koleksi dapat diarsipkan aman.

Fitur:
Untuk membuat duplikat cadangan untuk merekam media hampir semua Game / Software / DVD buku, dan / atau gambar yang dapat terpasang dan menjalankan dari salah satu Alcohol’s virtual drive.
Memungkinkan untuk membuat sampai dengan 31 virtual drive mengejutkan, yang memungkinkan untuk menjalankan permainan gambar di atas 200x lebih cepat daripada yang konvensional dari CD-ROM. Alcohol 120% adalah utilitas yang menggunakan kombinasi yang unik pilihan yang sempurna untuk memastikan cadangan setiap saat.
Permainan / program discs dapat disimpan aman. Alkohol buatan gambar berarti Anda selalu memiliki mahal media yang tersimpan aman di harddisk untuk segera kembali di klik. Tidak perlu lagi mencari yang benar permainan disk atau perangkat lunak aplikasi memasang disk, semuanya sudah di ujung jari Anda.
Secara bersamaan memainkan permainan favorit Anda dan membuka rute perencana tanpa harus mengeluarkan dan ulang fisik apapun discs, The 31 virtual drive kemampuan Alkohol berarti
Dapat menyimpan gambar CD pada server kantor, kolega Anda dan karyawan di masing-masing jaringan workstation tidak akan perlu datang meminta CD lagi, mereka bahkan tidak memerlukan mahal CD-ROM yang terpasang pada PC workstation !, sederhana klik semua yang diperlukan bagi mereka untuk memiliki akses penuh ke semua disk gambar mereka untuk meminta mereka sehari-hari bekerja. CD berharga Anda dapat disimpan dengan aman dan tombol terkunci.
Aplikasi yang dapat menyalin yang asli ke discs kosong untuk menjaga overhead bawah.
Alkohol unrivalled penggunaan perangkat lunak yang menawarkan kepada detiap orang. Alkohol memiliki ceruk dalam semua kebutuhan komputer Anda sehari-hari.
Didukung OS: Intel / AMD PC berbasis Windows dengan 95/98/ME/NT/2000/XP/Server2003/XP Edisi Profesional x64 / Server 2003 x64/Vista 32X dan 64x sistem operasi.

Software

Daftar Kegunaan Software

Nama Software

Kegunaan

Xing MPEG Player

memutar CD, VCD

Linguist

kamus bahasa inggris

Winamp

memutar lagu - lagu MP3

Total Fonts 2002

koleksi jenis huruf

Microsoft Word

pengetikan

Microsoft Excel

pembuatan tabel - tabel

Microsoft Front Page

pembuatan web site

Microsoft Power Point

pembuatan presentasi

Microsoft Outlook

pengaturan jadwal, email, nbr tlp, dll

Adobe Acrobat Reader

program pembaca dokumen tutorial

LinSys 3D

gambar 3 dimensi

Winzip

program kompres file ( memperkecil ukuran )

Macromedia Dreamweaver

pembuatan web site

Macromedia Flash

pembuatan gambar animasi

Macromedia Free Hand

pembuatan gambar

Visual Studio

komputer programming

Microsoft Web Publishing

pengiriman data website ke dunia internet

Corel Draw

pembuatan gambar

ACD See

melihat - lihat gambar

Swish

pembuatan animasi












Beberapa contoh software antivirus


Antivirus adalah software yang dibuat oleh vendor dengan tujuan untuk mendeteksi dan meremove virus yang ada di komputer, serta memproteksi komputer dari berbagai serangan virus. Metode tradisional yang digunakan antivirus pertama kali adalah definisi virus. Virus yang ada dianalisa vendor antivirus, untuk selanjutnya dibuatkan database/library virus, agar antivirus dapat memeriksa file apakah mengandung ciri - ciri virus tersebut. Metode ini memiliki kelebihan yaitu scanning sangat tepat dan akurat serta lebih cepat. Namun, kelemahan definisi adalah waktu senggang antara kelahiran virus hingga kelahiran definisi. Tentu saja ini sangat berbahaya, mengingat setiap menit ada puluhan virus baru yang lahir. Untuk menutupi kelemahan ini dengan metode heuristik.
Metode heuristic bekerja dengan menganalisa suatu file dengan syarat - syarat yang diajukan antivirus dan mengecek kesamaan kode suatu file dengan sebuah virus yang diketahui. Contohnya begini. Antivirus memiliki syarat sebuah file virus: mengacak - acak registry, membuat proses exe, dan membuat file exe di C:\Windows\system32. Ia mengecek sebuah file dengan syarat - syarat tersebut. Jika file memenuhi syarat yang diajukan, maka file tersebut dinyatakan virus. Kelebihan dari metode ini adalah tidak terlalu bergantung pada definisi. Namun kelemahannya adalah false positive yang mungkin timbul.
Ternyata, pembuat virus (VM - Virus Maker) tidak mau kalah. Ia menciptakan berbagai virus yang benar - benar baru sehingga tidak ada kesamaan dengan virus di definisi. Akibatnya, virus tersebut lolos dari scanning definisi dan heuristik biasa. Para VM terus menerus menggunakan teknik ini hingga tercipta ratusan virus baru, baik terencrypt, polimorfik, dan lain - lain. Sementara itu, vendor menjadi kewalahan karena banyaknya virus baru yang tercipta.
Akhirnya, digunakan teknologi analisa perilaku, atau yang dikenal dengan behavioural analysis.Teknologi ini memungkinkan antivirus untuk menjalankan sebuah file di dalam sebuah lingkungan virtual maupun space khusus dalam memori, buatan antivirus untuk dianalisa perilakunya. Jika perilaku ini mirip seperti sebuah virus, maka pengguna akan diperingatkan. Kelebihan dari teknologi ini adalah kemampuan deteksi malware unik, seperti yang terencrypt dan terpack, akan lebih tinggi. Malware yang terencrypt dapat dijalankan di lingkungan virtual antivirus, sehingga dapat dilihat perilaku yang sesungguhnya. Begitu juga malware yang terpack. Dengan demikian, perilaku asli file dapat dilihat.


Beberapa vendor telah menggunakan teknologi Code Emulator. Seperti halnya behavioural analysis, code emulator bertugas mendeteksi file dalam lingkungan virtual. Namun bedanya, code emulator lebih spesialis pada kode virus yang sengaja dibuat ruwet dan acak oleh VM. Misalkan VM ingin menulis angka 6, maka ia menulis angka 2+4, 3+3, atau yang lain. Dengan code emulator, kode dijalankan sehingga tampak kode akhirnya, yang akan dicek apakah itu virus atau bukan.


Kelemahannya, teknologi behavioural analysis maupun code emulator, adalah waktu yang lebih lama untuk scanning, karena harus mensimulasikannya dalam lingkungan virtual, dan ini membutuhkan waktu lebih banyak.
Namun, heuristik dan behavioural analysis bermanfaat untuk mempersingkat waktu respons vendor terhadap virus baru. Sangat disarankan bagi vendor untuk segera menganalisa virus karena deteksi dengan definisi tentu saja lebih akurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Text Widget